Loading...

Selasa, 14 Desember 2010

Cara kerja mesin SOHC & DOHC


• Cara Kerja Mesin SOHC


Permisi agan semua, Ane coba bikin tread mengenai bedanya engine DOHC & SOHC yang penjelasannya dapat di cek berikut:

Well.. pada motorcycle … teknologi SOHC ataupun DOHC banyak ditemui pada motor 4 stroke…!!! SOHC (Single Overhead Camshaft) disebut single karena hanya mempunyai satu camshaft dan melalui camshaft dan lifter (jendolannya)… atau kadang bisa menggunakan rocker arm yang menggerakkan valves baik intake valves ataupun exhaust valves. Biasanya dalam 1 cylinder yang SOHC mempunyai 2 valves… 1 untuk intake dan 1 untuk exhaust valves. Namun ada juga yang mendesign 4 valves… yaitu 2 untuk intake dan 2 untuk exhaust valves, namun hal ini akan cukup rumit mendesignnya. Karena ini menyangkut timing… antara intake valves buka/tutup dan exhaust valves buka tutup kudu match timing nya.. kalau nggak .. bakalan dihajar ama piston…!!!
kelebihan konsumsi BBM irit dari pada DOHC

Berikut gambar cara kerja mesin SOHC


Spoiler for SOHC Engine:

• Cara Kerja Mesin DOHC

Gimana dengan DOHC (double overhead camshaft)? DOHC tentu saja menggunakan 2 camshaft, nah standard untuk mesin DOHC 1 cylinder sudah 4 valves, jadi yang pasti valve intake dan valve exhaustnya double dibandingkan dengan SOHC (yang standard). Untuk impactnya Intake valves buat nyemprot campuran udara + bensin, jika valvesnya double maka semburannya bakalan banyak dan itu artinya akan menghasilkan power, apalagi ditambah dengan compression tinggi plus NOS yang bisa bikin tambah wusss mesinnya. Sering kali DOHC tuh untuk ngimbangin 2 stroke artinya untuk dapat mengejar kekalahan 2 langkah maka valvenya di bikin double, walau tetep saja ada waktu untuk itu. Maka dari itu kalau pake bebek 4 stroke harus diurut apalagi yang SOHC, Kalau 2 stroke nggak begitu rumit.
Kebanyakan DOHC juga mendatangkan kitiran mesin (RPM) yang lebih tinggi.
Letak klep yang lebih baik mengoptimalkan setup yang memaksimalkan pula performa mesin. Namun kekurangannya, berat akan bertambah, lebih mahal, dan lebih rumit. juga lebih banyak parts untuk memutar ke-dua kem tersebut. Konsumsi bahan bakar pun akan lebih boros.

Alasan utama menggunakan DOHC adalah guna menambah lebih banyak klep pada setiap silinder.


Berikut gambar cara kerja mesin DOHC

Spoiler for DOHC Engine:
Semoga tread ini bisa mencerahkan agan semua yang belum tau...^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar